Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home1/koprall/public_html/mycrebo.com/wp-content/themes/mycrebo/includes/theme-init.php on line 30
Film Video solution, desain video profileDesain, Company Profile, Video Profile, Website, SEO, Crebo, Logo

Jenis-Jenis Kualitas Film

admin  -  Apr 09, 2015  -  , , ,  -  Comments Off on Jenis-Jenis Kualitas Film

Pengelompokan kualitas film :

Biasanya urutan keluarnya kualitas sebuah film di dunia maya yaitu sebagai berikut : (meskipun tidak selalu) :
CAM -> TS -> R5 -> RC/R6  –> DVDScr -> WEBrip -> DVDRip -> HDTV -> WEB-DL ->BDRip/BRrip -> Bluray/HD

atau jika diurut dari yang kualitas terbaik, adalah sebagai berikut:

  1. BluRay/BRRip/BDRip
  2. WEB-DL
  3. HDTV
  4. DVDrip
  5. WEBrip
  6. RC/R6
  7. R5/DVDScr
  8. HDTS/TS
  9. HDCAM/CAM

Berikut penjelasan istilah kualitas film yang tertera diatas dan yang sering muncul ketika kita akan mendownload sebuah film:

*info: Rip = salinan

* CAM :
kualitas jenis ini merupakan hasil dari rekaman camera digital, langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.

* HDCAM
Adalah rekaman dilakukan dengan kamera video digital. tripod kadang-kadang digunakan, atau tidak sehingga membuat kamera goyang. Kualitas mengerikan.

* TS (Telesync) :
kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM. Namun kualitas gambar dan suara TS sedikit lebih baik dari CAM karena TS merupakan CAM yang telah dilabel ulang.

* R5 :
untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi untuk kualitas suara biasanya agak jelek (cempreng), meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.

* R6 /RC
Hasil rekaman dengan kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tapi untuk kualitas suara jelek, masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut. maksudnya DVD yang dirilis khusus untuk region 5 (area bekas Uni Soviet, India, Africa, North Korea & Mongolia). Perbedaan mendasar R56dg versi biasa adlh bahwa versi ini diproduksi dgn transfer langsung telecine / TC tanpa adanya proses pengolahan gambar / rendering / encoding.

* DVDScr:
yaitu merupakan dupiklat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVDScr akan ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu kita.

* WEBRip
versi hasil rip (salinan) dari sebuah Website dengan kualitas bagus.

* DVDRip:
yaitu merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720×480 atau 720×576.

* HDTV (High Definition TV) / PDTV (Pure Digital TV)
Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan menggunakan Tv Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid.

* WEB-DL
Biasanya bersumber dari iTunes Store atau Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL memiliki kualitas lebih baik dari HDTV karena menggunakan DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV

* BDRip :
Ripper dari Bluray. Kualitasnya jauh lebih bagus dari DVDRip namun membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi pula . Jika hardware komputer (VGA dan lain-lain) tidak memadai maka film akan terlihat patah-patah.

* Bluray/HD :
Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920×1080 atau 1280×720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.

dibawah ini beberapa jenis kualitas film lainnya yang mungkin jarang diketahui penggemar film di Dunia Maya:

mHD :
mini/micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280x5xx, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.

Workprint :
film yang belum diedit efek visulnya secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

VCD :
biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / TVrip (analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil.

VHSRip
Dicopy langsung dari VHS tapenya langsung, biasanya hanya dimiliki oleh film-film olah raga atau bokep .k.a XXX

TVRip / Episodes
Film dengan jenis ini, biasanya direkam langsung pada saat film tersebut sedang disiarkan. Kulitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik. Contoh untuk flm dengan flag ini adalah film-film serial amerika, misal Heroes, KyleXY, 24, dll.

DSRip (Digital Satelite)
Direkam dari transmisi satelite, kualiatasnya baik, biasanya di encode dalam format xvid.
Sumber: dari berbagai blog/website yang membahas ttg kualitas film

Yang pasti lebih enak kalau kita liat film dengan kualitas terbaik. Makanya jangan nonton film bajakan, nonton di bioskop lebih seru, atau beli/sewa DVD nya…

desain company profil video profile logo

desain company profil video profile logo

Comments are closed.

percetakan, branding, company profile, cetak, design, desain, marcomm, marketing, logo, web, social media, buat web, desain web,